Sabtu, 19 Mei 2012

Tentang Hidup


Kali ini aku akan mengungkapkan isi dalam benakku tentang hidup. Ya, hidup? Apa sebenarnya gambaran hidup itu? Pasti setiap kepala memiliki jawabannya tersendiri tentang arti dari hidup. Bagiku hidup adalah mengenai pilihan, dalam perjalanan hidup kita pasti akan selalu mendapati banyak pilihan. Walaupun terkadang kita sendiripun enggan untuk memilih. Tetapi sadar maupun tidak sadar keengganan kita untuk tidak memilihpun adalah sebuah pilihan yang telah kita pilih yaitu untuk tidak memilih. Seperti halnya dalam perjalanan hidupku, terkadang aku menemukan jalan yang benar-benar membuatku harus berhenti dan memikirkan itu semua. Tapi apakah dengan berpikir akan pasti mendapatkan sebuah jawaban?
Walaupun mungkin jawabannya adalah “iya” tapi aku yakin pasti lebih banyak jawaban “tidak”. Itulah semua yang terjadi dalam perjalanan hidupku. Semakin aku berpikir, semakin aku ragu dan tak tau arah mengenai arti hidup dalam diriku sendiri. Itu semua membuat hatiku berkata “ini hidupku, kalian boleh menertawakan, mencela, mengkritik, menghina, memuji, mencaci-maki, meremehkan, membanggakan, atau apa saja yang kalian ingin perbuat. Tapi ingat! Ini hidupku, sekali lagi ini hidupku, aku yang akan menjalani alurnya, entah itu berkelok, lurus, menanjak, menurun, atau bahkan harus terjun. Pasti aku akan selalu melaluinya dengan keyakinanku sendiri. Aku sering memiliki pemikiran tersendiri  tentang hidup ini. Jadi mungkin banyak orang yang menganggap aku aneh, konyol, individualistis, terlalu banyak bercanda, ya silahkan kalian yang menilai. Seperti dengan kebanyakan orang lain, akupun ingin hidup dengan nyaman, tenang, tentram, bahagia dan bebas. Aku sangat senang dengan arti bebas menurut versiku sendiri. Dengan  prinsip bebas inilah aku sebenarnya kurang setuju dengan kebanyakan orang. Banyak orang yang menganggap bahwa sukses mesti dengan tujuan yang kuat, bekerja keras, berorganisasi, sekolah hingga tinggi, tapi menurutku itu semua adalah “sampah” kutegaskan lagi itu semua adalah “sampah”.  Bagiku kesuksesan dapat diperoleh dengan prinsip bebas dan bahagia. Contohnya saja, aku sangat yakin bahkan super yakin banyak anak-anak yang sekolah yang tidak menikmati sekolahnya dengan sepenuh hati. Banyak para pegawai yang bekerja dengan tidak sepenuh hati. Mereka semua melakukan hal tersebut pasti didasari dengan tuntutan entah itu tuntutan dari orang tua, atau tuntutan untuk mendapatkan gaji. Mindset inilah yang harusnya bisa kita rubah. Tanpa sekolah yang tinggi sangat dimungkinkan kita untuk sukses, tanpa embel-embel jabatan kita sangat dimungkinkan untuk meraih kesuksesan. Jika pikiran kita dapat bebas dan bahagia tentu tak kan pernah ada belenggu-belenggu pemikiran yang akan menguasai kita. Intinya dalam melaksanakan segala kegiatan kehidupan haruslah didasari dengan kebahagiaan, maka semua akan menjadi jauh lebih menyenangkan. Jika kita melakukannya tidak merasakan bahagia, bebas, dan rileks, sebaiknya lekas tinggalkan hal yang sedang kita lakukan tersebut. Jadi jika kalian semua ingin sukses hiduplah dengan senang dan bebas. Bebasku bukan bebas yang benar-benar bebas, tetapi bebas yang memiliki konsekuensi. Satu hal yang tidak dapat bebas yaitu tentang Tuhan, tetapi ketidakbebasanku disini tetap didasari dengan kebahagiaan sehingga aku melakukan ketidakbebasanku dengan tetap senang hati.  Jadi hiduplah dengan bebas, semua kebebasan akan menentramkan hidupmu. Bebaslah dengan bertanggungjawab, semoga segala yang kalian ingin capai dapat terwujud.

0 komentar:

Posting Komentar