Selasa, 03 April 2012

Tak Populer Bukan Tak Berpeluang

Prodi ilmu perpustakaan merupakan prodi yang kalah populer dibandingkan dengan prodi-prodi lain. Hal tersebut disebabkan dari presepsi yang salah dikalangan masyarakat luas tentang arti dari perpustakaan itu sendiri. Banyak yang beranggapan perpustakaan hanyalah tempat diletakannya banyak buku. Sebenarnya perpustakaan tidaklah hanya sekedar tempat untuk menyimpan buku. Akan tetapi perpustakaan merupakan tempat yang menyediakan sumber informasi yang terpercaya. Di era globalisasi seperti ini yang syarat dengan pertumbuhan informasi yang begitu cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol, disinilah peran perpustakaan dan pustakawan sangat dibutuhkan. Seorang pustakawan yang sudah berkompeten dalam pekerjaanya mampu memberikan informasi yang efisien kepada yang membutuhkan. Efisien disini berarti cepat, tepat, dan benar. Jadi tidak sembarang informasi yang akan didapatkan tetapi benar-benar informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk dapat menjadi pustakawan yang berkompeten, tentulah harus melalui pendidikan yang tidak sembarangan. Yaitu melalui prodi ilmu perpustakaan. Dengan kata lain seorang pustakawan dapat disebut dengan pemegang informasi dunia. Tak kalah keren juga kan dengan profesi lainnya yang sudah tertkenal?


Anggapan tentang perpustakaan hanyalah aksesoris belaka merupakan anggapan yang kurang tepat. Mengapa kurang tepat? Dengan adanya undang-undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perustakaan, adalah bukti dari betapa pentingnya perpustakaan. Bahkan sekarang ini banyak institusi yang mebutuhkan tenaga pustakawan untuk menyerap dan mengolah berbagai informasi yang dibutuhkan oleh institusinya. Dengan adanya prodi ilmu perpustakaan diharapkan akan lebih banyak lagi muncul para pustakawan muda yang lebih berkompeten. Tak dipungkiri sekarang ini, khususnya Di Indonesia sangat minim dengan sarjana ilmu perpustakaan. Banyak perpustakaan yang diolah atau dijaga oleh orang-orang yang tidak berkompeten di bidang perpustakaan. Hal Ini merupakan salah satu faktor dari kurang berkembangnya arus informasi yang terdapat Di Indonesia.
Jadi, prodi ilmu perpustakaan bukanlah prodi yang main-main bukan? Para lulusan prodi ilmu perpustakaan sangatlah berperan penting dalam kemajuan informasi. Selain itu, para lulusan prodi ilmu perpustakaan juga lebih berpeluang dalam mendapatkan pekerjaan. Karena masih banyak sekali perpustakaan maupun institusi-institusi lainnya yang membutuhkan jasa dari pustakawan untuk mengolah informasi secara efisien. Kalau masalah pendapatan, memang pustakawan masih kalah bersaing dengan lulusan-lulusan dari prodi lain. Akan tetapi, pustakawan akan mendapatkan tunjangan profesi dari pemerintah. Disamping tunjangan, pustakawanpun akan mendapatkan fasilitas sertivikasi yang memungkinkan untuk mendapatkan pendapatan yang lebih baik. Untuk hal tersebut tak dipungkiri tak perlu waktu lama lagi profesi sebagai pustakawan akan dapat bersaing dengan profesi-profesi yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar